2010/02/03

IMAM HAMBALI

2:21 PM

IMAM HAMBALI

Beliau lahir di Baghdad Irak pada bulan Robiul Awwal tahun 164 H/780 M, beliau terkenal ahli dalam hadits, fiqih, dan teologi murid dari Imam Syafi'i. Sewaktu Imam Syafi'i meninggalkan Baghdad beliau berkata: "Saya tidak meninggalkan di Baghdad orang yang lebih alim dan lebih cerdas selain dari Ahmad Ibnu Hambal (nama lengkap Imam Hambali)". Pertama kali beliau belajar pada Imam Syafii dan setelah cukup ilmu dan pengetahuannya lalu beliau berijtihad dan merintis suatu madzhab tersendiri yang kita kenal dangan Madzhab Hambali.

Seperti Imam Imam Madzhab yang terdahulu banyak pula ulama ulama besar yang datang belajar padanya. Beliau terkenal sebagai seorang yang teguh sendirian dan keras mempertahankannya. Waktu itu yang menyebabkan kholifah Al Makmun menyiksa dan menghukumnya yaitu dalam hal perbedaan pendapat tentang Qodim. Menurut al Makmun sebagaimana pendapat Mu'tazilah yaitu: Madzhab resmi yang dianut oleh kerajaan kholifah Al Makmun waktu itu yang berpendapat bahwa Al Quran itu makhluk, seba itu adalah baharu (huduts). Pendapat ini dipaksakan oleh kholifah Al Makmun tetapi tetapi Imam Hambali secara tegas dan konsekuen menolah pendapat tersebut.

Imam Hambali banyak menulis buku buku yang berharga. Nampaknya diantara sekian banyak ilmu pengetahuannya, beliau lebih menonjol dalam Hadits. Beliau menyusun sebuah Musnad yang didalamnya terkumpul Hadits Hadits yang tidak ditemukan oleh ulama lainnya. Kitab Musnad tersebut berisi 40 ribu buah Hadits.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar, selamat mejelajahi blog Pendidik Barsel, Kunjungan berharga mohon tinggalkan komentar

 

© 2013 Blog Pendidik Barsel. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top