2010/05/08

PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN

10:16 PM

SUSUN OLEH
KELOMPOK IV
SARMANI ( NIM : 081110257 )
CITRA PRATIWI ( NIM : 081110156 )
KAMBRANI ( NIM : 081110185)
RAFI’I ( NIM : 081110 )
RENO HIDAYAT ( NIM : 081110244)
YENNY ATMASARI ( NIM : 081110279)
YUDI ( NIM : 081110 )
KELAS : GABUNGAN B 2008


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah proses memberikan bimbingan, pertolangan arahan. Dengan pendidikan manusia akan menjadi cerdas, pendidikan pun ada dua macam yaitu pendidikan formal dan non formal. didalam pendidikan memerlukan media agar sebuah proses pendidikan dapat mencapai tujuan pendidikan, dengan media dalam proses pengajaran tentunya akan mempermudah pemahaman siswa dalam pembelajaran..

Media adalah berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’ atau ‘pengantar’. Dalam bahasa, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan

Gerlach & Ely (1971) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.

Secara khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.

Dalam media pendidikan tentunya ada sebuah proses pengembangan sehingga media dapat di sajikan dengan baik. Dalam makalah ini kami akan membahas tentang media pendidikan mengenai pengembangannya.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian media pendidikan ?
2. Bagaimanakah penyusunan dan rancangan media pendidikan ?
3. Bagaimanakah penulisan media pendidikan ?
4. Bagaiamanakah produksi media pendidkan ?
5. Bagaiamanakah evaluasi program media pendidikan ?

C. Tujuan Penulisan
1. Mengetahui pengertian media pendidikan
2. Mengetahui dan mengaplikasikan penyusunan dan rancangan media pendidikan
3. Mengetahui dan mengaplikasikan penulisan media pendidikan
4. Mengetahui dan mengaplikasikan produksi media pendidikan
5. Mengetahui dan mengaplikasikan evaluasi program media pendidikan














BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Media Pendidikan
Menurut Brown media pendidikan adalah Segala sumber yang dapat berupa alat atau perlengkapan apapun yang digunakan oleh guru atau murid dalam proses belajar mengajar yang akan meningkatkan efektivitas program belajar. Media pendidikan terdiri dari hardware dan software.

Media pendidikan adalah media yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada hakekatnya media pendidikan juga merupakan media komunikasi, karena proses pendidikan juga merupakan proses komunikasi. Apabila kita bandingkan dengan media pembelajaran, maka media pendidikan sifatnya lebih umum, sebagaimana pengertian pendidikan itu sendiri

B. Penyusunan Dan Rancangan Dalam Media Pendidikan
1. Pengertian
alam membuat program media pembelajaran kita diharapkan agar kita melakukannya dengan persiapan dan perencanaan yang di teliti , dalam perencaan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :
a. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
alam proses belajar mengajar yang dimaksud dengan kebutuhan adalah kensenjangan antara kemampuan, keterampilan, dan sikap siswa yang kita inginkan dengan kemampuan, dan keteampilan dan sikap mereka sekarang. Jika membuat membuat program media, program itu perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan bila kita telah menemukan siapa menjadi sasaran program media program yang sedang kita susun, kemudian harus meneliti apa yang di mliki karakteristik siswa.
b. Merumuskan tujuan intruksional
Untuk merumuskan tujaun intruksional dengan baik ada bebarapa ketentuan yang perlu diingat
1). Tujuan intruksional harus berorientasi kepada siswa bukan guru
2). Tujuan intruksional dinyatakan dengan kata kerja yang operasional
Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan
Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
Menulis naskah media
Mengadalakan tes revisi

C. Penulisan Naskah Media Pendidikan
1. Pengertian
naskah media adalah dituangkan dalam tulisan atau gambar. dalam naskah program media ada bermacam-macam, tiap-tiap naskah berbeda-beda. tetapi pada pada dasarnya maksudnya sama, sebagai penuntun dalam kita memperoduksi program media itu, artinya menjadi penuntun di dalam kita mengambil gambar dan merekam suara.
2. Treatment
treatment adalah uraian berbentuk esei yang menggambarkan alur penyajian program. dalam membaca treatment ini kita akan mempunyai sebuah gambaran urutan visual yang akan nampak pada media dan narasi.
D. Produksi Media Pendidikan
1. Pengertian
produksi media pendidikan tadi sudah disinggung bahwa naskah itu berguna untuk jadikan penuntun dalam produksi. naskah adalah rancangan produksi.
dengan naskah sebagai pemandunya kemudian kita haurus mengambil gambarm merekam suara, memadukan gambar, memasukkan musik FX, serta menyunting gambar dan suara itu supsaya alur penyajiannya sesuai dengan naskah.
dalam kegiatan produksi ini ada tiga personil yang terlibat yaitu sutradara atau pemmimpin produksi, kerabat kerja dan pemain.

2. Produksi Audio
a. studio produksi
program audio rekam di dalam suatu produksi atau sering juga di sebut studio rekaman,
b. pembagian tugas dalam produksi
1). sutradara
sutradara adalah pemimpin produksi, baik buruknay hasil produksi tnggung jawabnya ada pada sutradara.
sebelum produksi dimulai seorang sutradara harus mempelajari dengan naskahnya dengan teliti, sehingga ia mempunyai interpretasi yang baik setiap adegan dari naskah itu.
a juga harus menghayati benar perwatakan yang dibawakan oleh masing-masing pelaku dalam naskah itu.

2) kerabat kerja
dalam produksi audio kerabat kerja di perlukan hanya dua orang operator. seorang operator melayani pengaturan tombol rekaman serta bertugas mengatur jalannya pita rekaman pada alat perekam, ia juga bertanggung jawab membuat saluran yang menghubungkan mikropon dengan mesin perekam.
3) pemain
yang dimaksud dengan pemain ialah orang-orang di tunjuk dalam pembacaan naskah.



E. Evaluasi Program Media
1. Pengertian
evaluasi program media adalah suatu kegiatan untuk mengetahui apakah media yang di buat dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah di tetapkan.
2. Macam-macam evaluasi
1) evaluasi formtif adalah proses yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data tentang efektivitas dan efesinsi bahan-bahan pembelajaran ( termaksud kedalam media ) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
2) evalusi sumatif adalah proses akhir dalam program setelah di perbaiki dan di sempurnakan, akan penngumpulan data untuk menentukan apakah media yang di buat patut untuk digunakan dalam situasi tertentu .

kegiatan evaluasi dalam program pengembangan media pendidikan akan menitik beratkan pada evaluasi formatif, karena adanya komponen dalam proses pengembangan mediakan pedidikan ini membedakan prosedur emperis ini dari pendekaan filosofis dan teoritis. efektivitas dan efeisensi media yang di kembangkan tidak hanya bersifat teoritis tetapi benar-benar telah dibuktikan di lapangan.











BAB III
PENUTUP
A.Simpulan
dalam uruaian makalah kami ini maka kami meyimpulkan sebagai berikut
1. Media pendidikan adalah media yang digunakan dalam proses dan untuk mencapai tujuan pendidikan
2. alam membuat program media pembelajaran kita diharapkan agar kita melakukannya dengan persiapan dan perencanaan yang di teliti , dalam perencaan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :
a. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
b. Merumuskan tujuan intruksional
3. naskah media adalah dituangkan dalam tulisan atau gambar. dalam naskah program media ada bermacam-macam, tiap-tiap naskah berbeda-beda.
4. produksi media pendidikan tadi sudah disinggung bahwa naskah itu berguna untuk jadikan penuntun dalam produksi. naskah adalah rancangan produksi.
5. evaluasi program media adalah suatu kegiatan untuk mengetahui apakah media yang di buat dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah di tetapkan.

B. Saran
media pendidikan merupakan suatu untuk mencapai tujuan pendidikan , karena media dapat mempermudah suatu pemahaman pada anak didik, oleh sebab itu sebagai pendidik di tuntut kreatif, terampil dan luwes dalam penggunaan media untuk mencapai tujuan pendidikan.




DAFTAR PUSTAKA

azhar arsyad.media pengajaran, rajawali pers, Jakarta, 2009
Arief S. sadiman dkk,media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemamfaatnya, pt raja grafindo persada, 2003
R. widodo dkk.pengembangan kurikulum dan bahan belajar II, universitas terbuka, 1998

website ;
http://widya06.blogspot.com/2008/06/pengertian-media-pendidikan.html
http://aristorahadi.wordpress.com/2008/05/17/perkembangan-konsepsi-media-pembelajaran/

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 komentar:

Terimakasih telah memberikan komentar, selamat mejelajahi blog Pendidik Barsel, Kunjungan berharga mohon tinggalkan komentar

 

© 2013 Blog Pendidik Barsel. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top