2009/12/04

fungsi dan tujuan serta prinsip-prinsip penilaian evaluasi pendidikan

12:40 AM

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tidak ada satupun guru yang tidak ingin berhasil dalam proses mengajar, tentunya semua guru sangat mengharapkan sekali keberhasilan belajar mengajar itu, guru yang masa bodoh terhadap anak didiknya adalah cermin kurang tanggung jawabnya seorang guru menjabat sebagai profesinya, gurung yang tidak mau tahu dengan perkembangan pendidikan anak didiknya adalah tanda guru yang tidak peduli taerhadap tantangan zaman yang terus merongrong anak didiknya.
Walaupun ada terobosan baru metode belajar yang bagus, seperti yang di pelopori oleh bobby de porter dalam quantum learningnya, tetapi itu saja tidak cukup, metode yang bagus saja tidak cukup tanpa evaluasi, maka evaluasi sangat di butuhkan sekali dalam pendidikan.
karena evaluasi merupakan proses penilaian . Penilaian ini bisa menjadi netral, positif atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Saat sesuatu dievaluasi biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan tentang nilai atau manfaatnya.
Dalam sebuah buku yang berjudul teknik evaluasi pendidikan karya M.chabib thoha, beliau mengatakan bahwa Evaluasi berasal dari kata evaluation yang berarti suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai sesuatu, apakah sesuatu itu mempunyai nilai atau tidak. Menurut istilah evaluasi berarti kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrument dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur tertentu guna memperoleh kesimpulan. Evaluasi pendidikan dan pengajaran adalah proses kegiatan untuk mendapatkan informasi data mengenai hasil belajar mengajar yang dialami siswa dan mengolah atau menafsirkannya menjadi nilai berupa data kualitatif atau kuantitatif sesuai dengan standar tertentu. Hasilnya diperlukan untuk membuat berbagai putusan dalam bidang pendidikan dan pengajaran.
evaluasi pendidikan memegang penting dalam peranan pendidikan karean evalusi adalah suatu proses penilaian, begitu pula dengan tujuan dan fungsi evalusi merupakan sebuah hal yang harus di capai agar dapat mengetahui indicator-indikator pada anak didik serta prinsip-prinsip penilaian anak didik harus secara komprehensif, kontinyu, objektif, validitas, rebilitas dan eduktif.
B. Rumusan Masalah
 bagaimana fungsi-fungsi dan tujuan pendidikan ?
 bagaimana prinsip evaluasi pendidikan dalam penilaian komprehensif ?
 bagaimana prinsip evaluasi pendidikan dalam penilaian kontinyu ?
 bagaimana prinsip evaluasi pendidikan dalam penilaian objektif ?
 bagaimana prinsip evaluasi pendidikan dalam penilaian validitas ?
 bagaimana prinsip evaluasi pendidikan dalam penilaian relibitas ?
C. Tujuan
 dapat mengetahui dan memahami tujuan evaluasi pendidikan .
 dapat mengetahui dan memahami fungsi-fungsi evaluasi pendidikan.
 dapat mengetahui dan memahami prinsip-prinsip dalam melakukan penilaian

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar, selamat mejelajahi blog Pendidik Barsel, Kunjungan berharga mohon tinggalkan komentar

 

© 2013 Blog Pendidik Barsel. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top